Loading...
topbella

Rabu, 09 Februari 2011

RPP Pembelajaran Geografi Kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA : SMAN 1 Purwosari
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Menjelaskan konsep lingkungan hidup
- Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
- Menjelaskan konsep pembangunan berkelanjutan
- Menjelaskan bentuk pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu:
- Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
- Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
- Menjelaskan konsep pembangunan berkelanjutan
- Menjelaskan bentuk pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
B. Materi Pembelajaran
- Lingkungan Hidup
- Ekosistem dan persebarannya
- Pembangunan yang berwawasan lingkungan
C. Model Pembelajaran: example non example
Metode: Ceramah, pengamatan gambar/foto dalam slide, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
• Menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai deskripsi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
• Menyampaikan materi pokok yang akan dibahas dan menyampaikan metode yang akan dipakai.
• Menggali pemahaman konsep siswa dengan mengaitkan materi yang akan dibahas dengan materi sebelumnya, yaitu mengenai lingkungan hidup pada materi biosfer.
• Guru menjelaskan prosedur kegiatan pembelajaran example non example.
2. Kegiatan Inti: 65 menit
• Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing 5 orang siswa
• Guru memberikan gambar yang ditampilkan pada slide
• Siswa mengobservasi gambar yang telah dipersiapkan guru
• Guru memberikan penugasan berdasarkan gambar yang diobservasi.
• Siswa dengan anggota kelompoknya mendiskusikan hasil observasi mengenai konsep lingkungan hidup, ekosistem, serta bentuk pemanfaatan lingkungan hidup yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan.
• Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lainnya menaggapi dan memberikan pertanyaan, begitu seterusnya secara bergantian.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
• Siswa menyimpulkan dan mengevaluasi materi yang telah dipelajari
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
• Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi terutama di daerah sekitarnya beserta solusi penanggulangannya. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber, Alat, dan Media Belajar
- Depdiknas. 2008. Geografi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
- Gambar atau foto tentang lingkungan hidup dan ekosistem
- Laptop
- LCD
- Slide power point
F. Penilaian
1. Penilaian diskusi, dengan kriteria:
• Kognitif
Penilaian ini diperoleh dari hasil kemampuan siswa dalam membuat kajian, presentasi dan menjawab pertanyaan.
• Afektif
Penilaian yang diperoleh selama proses belajar mengajar berlangsung dengan menilai sikap dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok serta kehadiran siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Nilai keaktifan siswa dalam kelompok dihitung dengan rumus:
NK = Skor yang dicapai x 100

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif Nilai kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 - 79
Cukup 2 56 - 67
Kurang 1 < 55




Purwosari, 2 Februari 2011

Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Purwosari Guru Geografi




Drs. Nur Hasan, Mpd. Nurul Hasanah, Spd
NIP.1234567891011 NIP.108821417251



LAMPIRAN

Media pembelajaran yang dipakai, yaitu berupa slide power point yang berisi gambar atau foto lingkungan hidup.
• Gambar lingkungan hidup dan lingkungan kumuh
• Gambar macam-macam ekosistem
• Gambar pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan dan pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan.
Penjelasan penggunaan media:
• Guru menyediakan media slide power point yang berupa hyperlink dengan foto atau gambar yang sesuai dengan judul gambar yag tertulis pada point-point (slide pertama).
• Pada slide kedua terdapat gambar/foto mengenai bentuk lingkungan hidup yang merupakan hyperlink sesuai dengan judul dari slide pertama tadi.
• Pada slide ketiga terdapat gambar/foto mengenai macam-macam ekosistem yang ada dipermukaan bumi yang juga hyperlink dari slide pertama pada judul gambar macam-macam ekosistem.
• Pada slide keempat terdapat gambar/foto mengenai bentuk pembangunan yang berkelanjutan dan pembangunan yang tidak sesuai dengan wawasan lingkungan yang merupakan hyperlink dari slide pertama sesuai dengan judul gambar bentuk pembangunan yang berkelanjutan.
• Pada slide kelima berisi point-point tugas yang berupa tugas identifikasi gambar yang kemudian dicari deskripsi dan perbedaan pada masing-masing gambar (juga hyperlink dari slide pertama pada point penugasan).
• Setelah siswa melakukan diskusi dengan kelompok masing-masing, salah satu kelompok mempresentasikan di depan kelas dan kelompok yang lain menanggapi, begitu seterusnya secara bergantian.
• Menarik kesimpulan yang dilakukan oleh siswa atas pembelajaran yang telah dilakukan.
• Guru membuat evaluasi dan refleksi berupa tambahan materi yang telah dibahas dalam bentuk point-point yang ditulis dalam slide-slide yang disertai gambar diatas (slide yang berasal dari power point yang berbeda).

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
malang, jawa timur
Lihat profil lengkapku